We Are Philosopie

Mengapa Belajar filsafat

Posted by

hmmm...setelah lama ga posting artikel tentang filsafat kali ini ditengah hiruk pikuk nyanyian binatang malam saya ingin mencoba melanjutkan perkenalan kita dengan sahabat saya "filsafat" yang sempat tertunda karena kesibukan saya didunia materil yang memaksa saya untuk menghentikan sejenak perbincangan kita mengenai filsafat.
langsung saja, pasti kita semua bertanya-tanya "untuk apa memperlajari filsafat?" bukankah filsafat hanya mengajarkan kita untuk berpikir?. pertanyaan itu adalah sesuatu yang seharusnya dimunculkan sebab alangkah bodohnya jika kita mempelajari sesuatu jika kita tidak tahu untuk apa kita mempelajarinya, sebelum saya mengenal filsafat terkadang saya tidak mengerti mengapa orang-orang begitu senang berfilsafat sebab bagi sebagian orang termasuk saya berpikir itu adalah suatu hal yang sedikit banyak sangatlah membosankan.
tapi disisi lain dalam diri saya menyimpan banyak pertanyaan yang mungkin bisa dikatakan menyangkut perihal esensi hidup yang saya jalani.
saya ingat ketika suatu kecil saya bertanya "untuk apa kita semua (manusia) diciptakan ke bumi?" sebab seharusnya kita berada di surga saat ini jika tidak diturunkan ke bumi. hmmm...memang sebuah pertanyaan lugu yang terlintas dibenak seorang anak kecil yang polos. tapi sedikit banyak bukan hal mudah untuk menjawabnya, meskipun pertanyaan itu tertujukan kepada kita yang mungkin sedikit banyak sudah memiliki wawasan yang cukup luas, sebab sedari awal pertanyaan itu tidak menanyakan perihal eksistensi melaninkan jauh masuk lebih dalam menuju wilayah esensi yang mungkin dapat membawa kita membongkar kebenaran.(kaya detective)...hehhe
ya..ya..ya...sedikit banyak itulah filsafat, berusaha membongkar kebenaran agar kita tak tertipu oleh apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan. sebab sedari kelahirannya filsafat pasti menuntut kita berpikirtidak hanya perihal eksistensi seperti apa yang kita tangkap dengan alam indra kita, melainkan juga perihal esensi yang jauh bersemayang dibalik yang tampak.
saya rasa sudah cukup jelas untuk apa kita belajar filsafat, mungkin terasa terlalu singkat untuk dijadikan sebuah artikel tapi menurut saya ini penting untuk disampaikan sebab dapat menghindarkan kita dari paham yang keliru perihal sahabat saya "filsafat" oleh karena itulah saya mengkisahkannya kepada kita semua. saya rasa sekian postingan saya kali ini, pada lain kesempatan kita akan berbincang lagi masalah filsafat yang lebih mendalam.
semoga bermanfaat..
thanks..


Blog, Updated at: Tuesday, February 07, 2012

0 comments:

Post a Comment

Recent Post